Pentingnya Membangun Mental Entrepreneur

Pentingnya Membangun Mental Entrepreneur

Pentingnya Membangun Mental Entrepreneur

Membangun Mental Entrepreneur

Pasindo News, Bogor Selatan

Sebanyak 80 orang lebih, warga Kel. Muara Sari, Bogor Selatan berdialog dengan Met Kurniawan, Tokoh Pemerhati Ekonomi Keluarga Bogor. Saat ditemui dilokasi kegiatan, Bang Met Kurniawan menyampaikan saat ini penting sekali untuk meingkatkan pemberdayaan masyarakat, untuk menuju masyarakat yang lebih sejahtera dimulai dari peningkatan ekonomi keluarga.  

img-1702752002.jpg

Met Kurniawan Berdialog dengan Warga Bogor Selatan

Menurut Bang Met Kurniawan, sebagai syarat untuk menjadi negara maju ialah jumlah pelaku entrepreneur harus lebih dari 4% dari rasio penduduknya. Sementara di Indonesia, pelaku entrepreneur baru 3,1% sehingga perlu diadakan percepatan dan kemudahan agar pelaku ekonomi Indonesia bisa meningkat jauh.

Kunci utamanya adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif dan berkualitas dalam kewirausahaan, sebagai wirausaha yang perlu diprakasai adalah sikap mental sebagai seorang pengusaha. mental entrepreneur merujuk pada suatu pola pikir yang memberikan pengaruh dalam proses tingkah laku seseorang dalam menciptakan sesuatu yang positif, yang sangat bernilai dan berguna, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. 

img-1702752035.jpg

Membangun Mental Entrepreneur Menurut Ahli Ekonomi

Pentingnya memberikan pemahaman membangun mental entrepreneur adalah proses membentuk kebiasaan atau pola pikir yang dapat membawa perubahan, ide-ide dan inovasi-inovasi baru, yang mampu memberikan nilai tambah yang lebih besar. Karakter inilah yang menjadi fondasi bagi kecerdasan dan pengetahuan (brains and learning) seorang wirausaha.

Napoleon Hill dalam buku yang berjudul Think and grow Rich “Berpikir dan Menjadi Kaya” merupakan hasil dari 20 tahun penelitian dan wawancara lebih dari 500 orang-orang tersukses di bidang entrepreneur hingga di berbagai macam disiplin ilmu, diantaranya adalah Alexander Graham Bell, Woodrow Wilson, dan Thomas Alfa Edison.

Dari hasil kajiannya Napoleon Hill (2016) memformulasikan beberapa point penting dalam membentuk mentalitas entrepreneur diantaranya adalah, seorang entrepreneur memiliki hasrat atau keinginan dalam dirinya, kepercayaan atau keyakinan pada diri sendiri, usaha yang pantang menyerah, membuat perencanaan, bertindak, memiliki spesialisasi, imajinatif, rencana, melakukan langkah besar, memberdayakan pikiran bawah sadar dan indera keenam (IGA Adi;2019).

Selanjutnya konsep membangun mental entrepreneur agar siap menghadapi tantangan dan peluang revolusi industry 4.0 adalah memiliki intergritas 4 pilar manajemen bisnis ala Rasulullah yaitu Shidq (jujur), Amanah (bertanggung jawab), Tabligh (komunikasi yang efektif), dan Fathanah (profesional, kreatif dan inovatif). Alhasil, Jika seorang muslim ingin menjadi entrepreneur yang sukses maka harus meniru sifat-sifat nabi tersebut.

Berbicara masalah entrepreneurship tidak lepas dari mental entrepreneur, karena untuk menjadi seorang entrepreneur sukses haruslah memiliki mental yang kuat. Untuk itu perlu bagi kita untuk membentuk dan membangun mental agar menjadi seorang entrepreneur sejati. Tak cukup hanya kesiapan diri saja, mental seorang entrepeuner atau pengusaha harus juga diaplikasikan dalam dunia bisnis. Selain itu juga, terdapat beberapa hal yang harus kita pelajari dalam membangun mental entrepeuner, seperti diantaranya adalah :

1.Selalu Berpikir Positif

Selalu berpikir positif akan menimbulkan semangat untuk mencapai kesuksesaan dalam menjalankan sebuah usaha. Kita harus selalu percaya bahwa usaha yang akan dijalankan bisa berjalan dengan baik dan bisa menampung kesuksesan serta keuntungan. Karena seorang entrepreneur yang tidak memiliki pikiran positif terhadap usahanya, maka dia tidak akan pernah berhasil.

2. Pantang Menyerah

Dalam setiap kegagalan yang dialami dalam mecapai kesuksesan, entrepreneur yang baik tentu tidak akan pernah menyerah dan bahkan bisa mengubah kegagalan tersebut menjadi sebuah koreksi atas kesalahan.

3.Kreatif dan Pandai Membaca Situasi.

Dengan inovasi, kreatif dan pandai membaca situasi, akan mendapatkan sebuah hasil yang baik dalam usahanya.

4.Senang Menghadapi Tantangan.

Dengan berpikir bahwa tantangan merupakan sebuah kesenangan, seorang entrepreneur akan merasa adiktif atas berbagai tantangan yang dihadapi dalam mencapai tujuannya.

5.Sukses Bukanlah Tujuan.

Bagi entrepeuner sejati kesuksesan bukanlah sebuah tujuan, justru pencapaian tujuan adalah sebuah kesuksesan untuk mereka. Karena itu, tidak ada ukuran pasti seseorang mencapai kesuksesan, kecuali telah mencapai tujuannya.

6. Siap dalam Menghadapi Ketidakpastian.

Seorang entrepeuner haruslah mampu mempersiapkan mental supaya siap dengan segala ketidakpastian yang mungkin terjadi dan juga memiliki banyak rencana, sehingga kita bisa menjalankan plan berikutnya jika terjadi kegagalan dalam mencapai usaha.

7. Berani Mengambil Risiko.

Risiko yang sepatutnya diambil dalam bisnis adalah risiko yang terukur (calculated risk ) yaitu risiko yang sudah diperhitungkan dengan matang. Dalam hal ini setiap entrepreneur dituntut untuk mempunyai kemampuan teknis dalam memperkirakan risiko, Seorang entrepeuner juga dituntut untuk mempunyai nyali untuk berani mengambil risiko yang telah diperhitungkan.

8. Mental Pekerja Keras.

Setiap entrepreneur harus memiliki sikpa tekun dan sabar, karena dalam merintis usaha baru, seringkali beberapa hal berjalan tidak sesuai dengan harapan. Bahkan terkadang membutuhkan kasabaran dan ketekunan yang luar biasa besar, Sehingga bekerja lebih keras menjadi sebuah keharusan yang tidak bisa dihindari dalam memulai usaha baru tersebut. Selain itu kita juga harus bisa bekerja secara cerdas dalam menjalankan suatu bisnis, agar usaha tersebut bisa berjalan dengan baik dan mampu berkembang.

Apakah Anda tetap konsisten dalam menjalani usaha Anda hingga semakin berkembang?

Selain membutuhkan tips membangun bisnis yang menguntungkan, tips tentang mental Entrepreneur yang kuat dan tahan banting serta tidak gampang menyerah pun menjadi hal yang diperlukan guna menjadikan bisnis Anda mengalami progres. Ada beberapa hal tentang mental entrepreneur yang akan dibahas yang dibutuhkan untuk membangun bisnis Anda menjadi sukses.

img-1702752083.jpg

Apakah Anda sudah siap menjadi Entrepreneur Unggul ?

Bang Met Kuriawan menyampaikan pesan bahwa "Saya dengan senang hati akan terus berupaya mendorong masyarakat untuk meningkatkan mentalitas calon wirausaha dan meningkatkan kualitas SDM di Bogor Selatan dengan berbagai Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM dimulai dari Pelatihan mental wirausaha. Semoga SDM Bogor Selatan semakin meningkat kedepanya". tutup pesan diakhir diskusi dengan tim Pasindo News. 


Tim Pasindo News/Arsy

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar